Monday 18 January 2016

Sejarah Perkembangan Seni Tari Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, adat istiadat dan kesenian, salah satu nya adalah seni tari. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang sejarah perkembangan seni tari di Indonesia mulai dari jaman prasejarah sampai jaman modern.

A. Jaman Prasejarah

Jaman prasejarah adalah zaman sebelum lahirnya kerajaan di Indonesia. Bentuk dan wujud tariannya cenderung menirukan gerak alam lingkungannya yang bersifat imiatatif. Sebagai contoh, menirukan binatang yang akan diburu, pemujaan dan penyembuhan penyakit.

B. Jaman Hindu-Budha

Pada jaman Hindu-Bundha, seni tari mulai digarap dan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari India. Beberapa jenis tari pada jaman Hindu-Budha seperi tari-tarian adat dan keagamaan berhasil disempurnakan menjadi tarian klasik yang beratistik tinggi. Sebagai contoh wayang wong dan wayang topeng.

C. Jaman Islam

Pada jaman Islam, seni mengalami kejayaan. Penggarapannya kebanyakan di keraton yaitu kasutanan dan kesultanan. Kedua kerajaan tersebut mengembangkan identitasnya yang akhirnya menjadi dua jenis tari yaitu kasunanan dan kasultanan.

D. Jaman Penjajahan

Pada jaman penjajahan, tari-tarian mengalami kesuraman sebab berada dalam suasana peperangan dan penjajahan.

E. Jaman Kemerdekaan Sampai Sekarang

Setelah merdeka, peran tari mulai difungsikan untuk keagamaan ataupun sebagai hiburan dan muncul banyak kreasi-kreasi baru ataupun inovasi terhadap seni tari klasik karena banyaknya pengaruh budaya Asing yang masuk ke Indonesia.

Demikiam gambaran umum tentang sejarah seni tari di Indonesia. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment